Beranda

Jumat, 11 Desember 2015

Sarana Kesehatan

Upaya pembangunan kesehatan dapat berdaya guna dan berhasil guna apabila ditunjang dengan sarana kesehatan. Berikut adalah sarana kesehatan yang terdapat pada UPTD Puskesmas Krian :


1. Puskesmas Induk 

    Puskesmas Krian merupakan Puskesmas Perawatan Plus. Puskesmas PLUS diprioritaskan untuk Puskesmas PONED (Penanganan Obstetri Neonatal Emergency Dasar) yaitu Puskesmas yang menangani kegawat daruratan Kebidanan dan Bayi. 
    Dan pada tahun 2010 Puskesmas Krian ditunjuk sebagai feeder VCT, yang salah satu tujuannya adalah ikut berperan serta dalam menurunkan angka kesakitan HIV/AIDS melalui peningkatan mutu pelayanan konseling, testing HIV dan perlindungan bagi petugas layanan VCT atau petugas kesehatan dan klien.
     Puskesmas Krian juga ditunjuk untuk melayani pasien TB-MDR yang mana pasiennya merupakan pasien RS. Dr. Sutomo Surabaya yang sebagian pelayanannya diserahkan ke Puskesmas Krian, pelayanan terhadap pasien tersebut memerlukan ruang tersendiri terpisah/terisolasi dengan ruang pelayanan yang lain.

2. Puskesmas Pembantu (Pustu)

   Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.
    Pelayanan Puskesmas Krian dibantu oleh 2 (dua) puskesmas pembantu, yaitu : Pustu Terik dan Pustu Jatikalang. Tiap pustu dilayani oleh 2 tenaga kesehatan dan ada tenaga dokter untuk hari tertentu

3. Poskesdes dan Ponkesdes

     Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di wilayah Pukesmas Krian sebanyak 10 Poskesdes tersebar di 10 desa dan 5 desa terdapat Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes). Poskesdes dilayani oleh seorang bidan, sedangkan Ponkesdes dilayani oleh seorang bidan dan seorang perawat.

4. Posyandu

    Puskesmas Krian memiliki 80 Posyandu yang tersebar di 3 kelurahan dan 12 desa.

5. Puskesmas Keliling
    Kegiatan pelayanan kesehatan Puskesmas Krian di luar gedung sangat ditunjang oleh Pusling yang berjumlah 2 kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar